Kamis, 15 September 2011

Apa yang dimaksud dengan organisasi?

     Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab. (Schein) 
Karakterisitik organisasi menurut Schein meliputi : memiliki struktur, tujuan, saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya.

     Organisasi adalah suatu wadah dimana 2 orang atau lebih yang memiliki pemikiran dan tujuan yang sama untuk kemudian bekerja bersama untuk mencapai tujuan mereka.
Oleh karena itu, organisasi sangatlah bermanfaat mengingat manusia sebagai makhluk sosial. setiap manusia pasti memiliki tujuan di dalam hidupnya, dan sangat pasti dia memerlukan orang lain untuk mencapai tujuannya. Dengan kata lain, organisasi membantu manusia mencapai tujuan.

       Organisasi dibagi kedalam 2 jenis, yaitu :
  1. Organisasi formal

        Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. 
Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.

     2. Organisasi informal
        Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.


         Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan),
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang),
- Adanya tujuan,
- Adanya sasaran,
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati,
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar